Rabu, 10 September 2014

Jenis Karya Tulis Ilmiah

Adapun sebuah hasil kerja seseorang mempunyai banyak bentuk dan rupa, hasil yang berbeda-beda antara individu juga memberikan manfaat yang berbeda.Disini sebuah karya juga memiliki banyak jenis, tidak beda dengan hasil ilmiah dalam konteks bahasan kali ini
Secara umum karya tulis ilmiah dapat dibedakan atas jeninya yaitu sebagai berikut :


1. Makalah
Dalam dunia akademik/ pndidikan, makalah biasa ditulis sebagai pemenuhan salah satu tugas mata kuliah tertentu yang harus dibuat oleh mahasiswa/ siswa yang sedikitnya berjumlah satu judul makalah untuk satu mata pelajaran/ mata kuliah tertentu.
Dalam dunia umum, makalah biasa disusun sebagai salah satu kewajiban seorang pembicara seminar atau kegiatan sejenisnya sebelum menyampaikan materi tersebut didepan peserta seminar.

2. Laporan Penelitian
Laporan ini biasanya ditulis oleh para mahasiswa program D3 sebagai salah satu syarat kelulusannya atau sebagai tugas akhir yang harus dipenuhi.
Secara umum, laporan ini biasanya disusun oleh peneliti atas satu penelitian yang telah dilakukannya. Sitematika dan teknik penulisan laporan penelitian tidak memiliki sistematika khususnya karena biasanya sistematika dan teknik penulisannya sama halnya dengan sistematika dan teknik penulisan skripsi.

3. Kertas Kerja
Karya ini biasanya disusun oleh penulis yang telah menyelesaikan satu kegiatan tertentu, misalnya kuliah kerja nyata, praktik kerja lapangan program pengalaman lapangan, kerja labolatoriu, atau kegiatan sejenisnya yang lain.
Sistematika dan teknik penulisannya biasanya akan sangat bergantung pada lembaga yang menugaskan penulis melaksanakan kegiatan tertentu tersebut.

4. Skripsi
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah resmi yang membahas permasalahan dalam bidang tertentu yang digunakan sebagai syarat penyelasaian studi akhir jenjang sarjana. Skripsi ini juga merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian yang berhubungan dengan bidang keahliannya.
5. Tesis
Ini biasanya disusun oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat menyelesaikan program magister (S-2). Karakteristik tesis (1) berfokus pada kajian mengenai salah satu isu yang tercakup dalam salah satu disiplin ilmu tertentu, (2) merupakan suatu bukti pengujian empiric terhadap posisi teoretis dalam satu disiplin ilmu tertentu, (3) berfokus pada pengujian teori yang telah ada.

6. Disertasi
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program doctor (S-3), karakteristik disertasi biasanya: (1) Berfokus pada penemuan sesuatu yang baru dalam disiplin ilmu tertentu, (2) berfokus pada pengembangan prinsip-prinsip teori yang telah ada, (3) berisi pengembangan model-model baru yang diuji dilapangan.

7. Karya Tulis Ilmiah Populer
Karya Tulis Ilmiah Populerm merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang medianya berupa media cetak atau media elektronik yang dipublikasikan kehadapan public pembaca. Karya tulis ilmiah popular biasanya ditulis dengan teknik penulisan yang menarik agar mudah dimengerti pembaca namun tentu saja tetap mempertahankan kebenaran ilmiah/ objektif yang terkandung didalamnya.

8. Orasi Ilmiah
Orasi ilmiah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang biasanya di sampaikan dalam kegiatan akademik diperguruan tinggi, misalnya peresmian guru besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar