Rabu, 10 September 2014

Konsep Dasar Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan akademik. Dengan karya tulis ilmiah inilah insan akademik akan diukur wawasan keilmuannya, keterampilan dan percakapan penerapan wawasan tersebut serta kemampuan membuat aplikasi dari ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya.
Karya tulis ilmiah juga merupakan tulisan yang membahas ilmu pengetahuan yang disusun secara sistematis dengan menggunakan bahasa yang benar. Dengan pengertian ini maka karya tulis ilmiah minimalnya mempunyai 4 syarat yaitu :


  1. Karya yang menggunakan bahasa tulis sebagai medianya,
  2. Membahas konsep ilmu pengetahuan,
  3. Disusun secara sistematis,dan
  4. Dituangkan dengan menggunakan bahasa yang benar.

Karya tulis ilmiah memiliki beberapa ciri pembeda dari karya nonilmiah yaitu :
  • Objektif : Memiliki objek dan memberikan penilaian secara objektif terhadap objek tersebut.
  • Factual : Dibuat berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Sistematis : Memiliki sistematika tertentu yang harus ditaati.
  • Bermetode : Disusun berdasarkan metode ilmiah tertentu.
  • Cermat dan jujur : Mengangkat hal yang sebenarnya.


Insan akademik dituntut untuk mampu menulis karya tulis ilmiah baik bagi kelancaran studinya maupun sebagai syarat penyelesaian studinya. Ciri insan akademis antara lain: (1) memiliki pengetahuan dan konsep keilmuan dalam bidang yang dibahasnya, (2) memiliki rasa ingin tahu, (3) memiliki sifat terbuka atas kritik dan saran terhadap karya yang telah disusunnya, (4) memiliki sifat berani dalam mengungkapkan kebenaran, (5) jujur atas segala halyang diungkapkannya, (6) objektif dalam memberikan penilaian terhadap masalah yang dikajinya, (7) karya yang dihasilkan harus bermanfaat.
Dapat disimpulkan dari ciri penulis dan ciri karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah merupakan kajian atas sebuah masalah tertentu yang tujuan pembahasan harus mampu memberikan alternative penyelesaian masalah tersebut, juga memberikan manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis tidak bias dikategorikan karya ilmiah yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar